Jumat, 28 Oktober 2011

Penmas --- "Bersih Gunung" Mt. Merbabu bersama Vachera

Proker tahunan Vachera, Pendakian Massal. Pendakian massal tahun ini mengambil tema Bersih Gunung. Acara ini bukan hanya pendakian saja, tapi juga membersihkan sampah di jalur pendakian.

Hari Pertama
Total peserta pendakian kali ini ada 45 orang, 3 diantaranya adalah guru pembimbing, Pak Dadang, Bu Ratna dan Bu Ari ditambah Pak Karman dan Pak Eko sebagai keamanan.. Pagi pagi aku sudah sampai basecamp vachera. Di basecamp sudah ada beberapa anggota vachera, disini kami mempersiapkan perbekalan logistik maupun alat, checking peserta, dan menunggu truk pasir datang.
Kira kira pukul 10 kami berangkat dari basecamp vachera smada. Di truk terdapat pemandangan yang berbeda, yaitu seluruh guru pembimbing berbaur dengan para peserta dalam bak truk pasir yang terbuka.
Pukul 2 siang kita sampai di basecamp merbabu. Aku dan panitia lainya langsung mempersiapkan diri mengkoordinir kloter2 peserta pendakian. Pendakian kali ini di bagi atas 3 kloter.
Kebetulan aku kebagian kloter 1, dan di kloter inilah ada Bu Ratna, guru sejarah smada yang sudah berumur kira2 50 tahunan. Pukul 3 sore porter berangkat. Kemudian disusul kloter 1 pukul 4 sore.
Di perjalanan Bu Ratna tidak pernah mengeluh walaupun sudah berusia lanjut beliau masih tetap bugar. Aku harus mencontoh dia, walau bawa tas cerir segede kulkas dengan bobot yang hueeehhh, aku harus jalan terus.
Kami sering berhenti di perjalanan karena di kloter 1 ini banyak peserta pemula. Ratri dan Mbak Riri sempat bermasalah dengan kaki mereka. Akhirnya setelah berjalan kurang lebih 3 jam akhirnya sampai juga kami di pos 2. Di sini sudah ada para porter yang tadi berangkat lebih awal, mereka sedang membangun tenda. Para peserta lalu kurusuh untuk mengkondisikan diri, istirahat, dan makan. Kurang lebih 30 menit kemudian kloter 2 datang, disusul kloter 3 20 menit di belakangnya.
Akhirnya semua peserta sudah berkumpul di pos 2. Aku, Bowo, wisbek bertugas mencari kayu bakar untuk acara api unggun karena cuaca malam yang cerah membuat suhu semakin dingin.
Api unggun sudah jadi, kami lalu memasak mie dan membuat minuman hangat. Tak lupa bakar ketela yang sudah kami bawa dari basecamp.
Karena api unggunnya kecil, jadi tidak semua peserta ikut, sebagian sudah pada tidur di tenda.
Malam ini di pos 2 lumayan rame ada warga sekitar yang ngecamp disini. Aku bergabung bersama mereka, karena api unggun mereka gede banget. santai makan ketela bakar sambil ngerokok. Dito, aziz, nawal, homer, juga ikut bergabung.
Karena sudah larut aku pun masuk tenda.

Hari 2
Pukul 2.30 dini hari, terdengar para penjaga malam dito dan kawan2 membangunkan kami untuk summit attack. Peserta summit kira2 42 orang. Bu Ratna juga ikut dalam rombongan. Sasaran summit pagi ini adalah puncak Syarif. Alhadulillah perjalan lancar, hanya terhenti sebentar karena ada beberapa peserta yang sakit ringan. Kami tiba di puncak sunrise sebelum matahari muncul, lalu satu persatu peserta lain tiba di puncak.
Melepas lelah dan berfoto ria, kami cukup lama di sini. Pukul 10 kami turun dari puncak menuju pos 2. Aku ikut rombongan santai. Turun sambil menikmati pemandangan yang belum sempat terlihat tadi malam. Aku samapi di pos 2 ketika peserta lain sudah turun. Kami langsung packing dan capcus turun ke basecamp. Di basecamp kami disambut nasi sayur dengan telur ceplok sebagai lauknya. Sambil menunggu truk beberapa peserta berbelanja sayuran murah karena langsung dari kebunya, tak ketinggalan Bu Ratna juga ikut memborong sayur mayur. Pukul 5 sore truk datang, dan perjalanan pulang dimulai, Jogja kami datang....