Senin, 26 September 2011

Perjalanan gila --- LAWU 3265 mdpl

suatu siang sepulang sekolah di burjonan smada
Aku : "to, ayo ning lawu !"
dito : "wah aku wingi bar rono'e zan"
aku : "ho'o tho, pie ?"
dito : "aku wingi rono ro afin, aziz, kombing. gampang og zan le rono, gari numpak pramex, medun palur. njuk ngebis tekan tawangmangu, bar kui numpak angkot tekan cemoro sewu"
aku : "la nek wengi ono transport ra ?"
dito : "bejo2 nan , nek iso numpak mobil sayur"
aku : "oke, gampang wi ketoke"
bek ayo dolan, gelem ra?"
wisbek : "nengdi?"
aku : "saiki, ning lawu, langsungan wae, liyane nek ono sing pingin melu ra popo"
wisbek : "saiki? oke , yoh mangkat"
aku : "ning ngomahku sik yo, packing"

yaa,, aku masih ingat,, hari itu hari jum'at, sepulang sekolah.
aku dan wisbek berencana mengajak yang lain, tapi mereka tidak percaya kalau kami benar2 akan pergi ke Lawu.
pukul 1 siang, aku dan wisbek packing di rumahku.
jam 3 kita ke stasiun..
josss, kita langsung dapat tiket menuju solo. berangkat !
maghrib, akhirnya kita sampai juga..
wah kok sudah gelap, duh ndak ada bis nih.
ya benar, memang saat itu tak ada bis. untung ada orang baik yang memberi kita tumpangan sampai karangkandang..
sampai karangkandang kita jalan kaki, berharap ada truk, atau mobil sayur lewat. setelah berjalan kira2 1 jam, dapat juga mobil sayur. pukul 12 kita sampai di tawangmangu.
kita lalu cari masjid, dan tidur...
pukul 1.30 kita jalan lagi, mencari tumpangan lagi...
wah kok sepi ki dalane !!
sampai jam 2.30 kita jalan kaki, akhirnya kita memutuskan untuk istirahat dulu, tidur di emperan , karena menurut informasi mobil sayur adanya jam 4 pagi.
akhirnya setelah di tunggu2, mobil itu pun datang. kami lalu menumpang sampai cemoro sewu...
jam 5.30 pagi, horeee, sampai juga di jawa timur,
kami lalu sarapan dulu di warung dekat basecamp cemoro sewu.
wah nasi pecel + susu putih.. uenak ..
jam 6 kita mulai naik, dan trek pertama berupa jalan setapak berbatu melewati hutan pinus dan cemara, lalu kita akan disambut perkebunan warga..
POS 1 -- adalah ujung dari perkebunan warga, dari sini mulai tampak trek 1000 tangga Lawu, yang bikin keder dengkul.
ayoo jalan lagi.. dari sini kita menaiki tangga batu, satu demi satu, (wah nek iki jenenge udu munggah gunung)
pada perjalanan ini aku dan wisbek tidak menarget puncak, kami hanya sekedar main saja, pokoknya pukul 11 kita turun.
POS 2 -- di pos 2 kami bertemu beberapa pribumi yang membawa drigen air ,
aku : "air dari mana pak?"
warga : "ohh, ini dari puncak"
aku : "jarak dari sini ke puncak berapa jam ?"
warga : "wah lama dik, kira2 5 jam lebih,"
warga2 : "aku malah wis sedino ning kene"
wuedan, 5jam (ini dia sebabnya mengapa kita memasang target waktu)
POS 3 -- sebelum pos tiga, aku sempat kewer, kakiku dah keder, dan perutku mulat mulat,, aku lalu mencari semak2 untuk membuang limbah pecel tadi padi.
"duh bek, lali nggowo tisu basah"
terpaksa pakai rumput, T_T, gatel boss.. !
pos tiga terletak di bawah tebing, di sini kita bertemu rombongan dari semarang, kita istirahat lumayan lama di sini, sekitar 1/2 jam.
kita lalu lanjut jalan, menuju hargodalem, waktu menunjukan pukul 10, ,
beberapa menit kemudian kita sampai pada trek landai yang kanan kirinya berupa padang rumput luas, dan dari sini kita bisa melihat kawah lawu..
Hargodalem -- hargodalem digunakan masyarakat untuk hal klenik.. di sini ada sendang drajat yang konon airnya berkhasiat. Ooo, pantes banya orang bawa drigen.
dan uniknya lawu, dari pos 1 - hargodalem, kita selalu menjumpai warung. kalau di hargodalem ini warungnya bernama warung Mbok Yem. di sini juga dibangun pendopo2 dan penginapan untuk para peziarah.
Hargodumilah --
aku : "bek, ketoke kae tugu puncak kae bek ?"
wisbek : "ho'o kae, yo ngethok dalan wae"
Maknyuus mamen, mantap jaya,, puncak !!!
tak diduga duga, kita sampai puncak, dan waktu menunjukan pukul 11 siang.. target waktu terpenuhi..
di sini kita bertemu dengan rombongan dari jakarta, mereka baik2, kita di beri 1/2 botol pepsi. wah pesta gan !!.
pukul 12 siang kita turun. dan pukul 16.00 kita sampai basecamp . langsung dapat angkot sampai tawangmangu. gara2 naik angkot duit kita menipis,, ya memang karena uang saku kita hanya 150 ribu untuk 2 orang. sampai tawangmangu, kita lalu naik bis sampai stasiun balapan.. guyuran hujan kota solo menemani kami... dan kira2 pukul 19.00 kita sampai jogja..
FOTO FOTO
gerbang rimba








hargodumilah
triangulasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar